Ask the Expert: Water

"Ask the Expert"

Masih seputar asiknya belajar di dunia virtual. Semalam Yudhis mendapat kesempatan untuk mengikuti “kuliah” terbuka Prof. Zeppo Romano. Di dunia nyata, Prof. Zeppo adalah seorang Profesor Geologi dari Illinois State University, nama aslinya William Edward Shields/Bill Shields. Profil lengkapnya ada di sini dan di sini.

Program yang dinamakan “Ask the Expert” ini diprakarsai oleh Geology Department dari Illinois State University. Dalam program ini, para ahli yang diundang akan mendedikasikan waktunya untuk menjawab pertanyaan anak-anak. Anak-anak bebas bertanya tentang apa saja yang berkaitan dengan topik yang dibahaskan.

Topik semalam adalah tentang “air”. Yudhis yang sangat semangat mengikuti “kuliah” pertamanya sudah siap sejak jam 19.00 (acaranya sendiri mulai jam 21.00) dan menghabiskan waktunya menunggu kuliah untuk belajar building di Happy Hippo dan belajar tentang air di Geo Island.

Aku memang sengaja membiarkan Yudhis eksplorasi sendiri, bahkan mengikuti acara ini sendiri. Aku hanya menemaninya sambil bermain bersama Duta. Sempat terharu ketika kemudian kuliah dimulai dan suara Prof Zeppo & ms Ines mulai terdengar di speaker, “kamu ngerti, nak?” tanyaku. “ngerti dong buu..” jawabnya. Hmmm… ternyata dia sudah besar. Padahal perasaan anak itu baru lahir kemarin.

Yudhis memang terbiasa membaca tutorial berbahasa Inggris ataupun mengikuti pelajaran dari video/channel TV berbahasa Inggris. Tapi prosesnya pasif, hanya satu arah. Dia juga sering mengikuti kelas building di SL yang juga berbahasa Inggris, tapi biasanya text only (gurunya hanya type tidak ngomong). Kuliah ini adalah pengalaman berinteraksi dengan guru besar dalam bahasa Inggris yang mengajar dengan bicara benar-benar baru dialaminya semalam.

Suasana program "Ask the Expert"

Aku tak memaksanya untuk membuat pertanyaan, ternyata Yudhis sendiri yang semangat bertanya sampai 3 pertanyaan (sebenarnya lebih banyak kalau dia tidak sungkan dengan peserta yang lain).

Secara keseluruhan, acara semalam menarik. Diantara hal yang sangat berharga (di luar content pelajarannya) adalah kesempatan bagi anak untuk memelihara keingintahuannya serta berani dan bisa mengajukan pertanyaan.

Kemampuan bertanya adalah sebuah ketrampilan besar di dalam proses belajar. Apalagi forumnya menggunakan bahasa Inggris (yang bukan merupakan bahasa percakapan kami sehari-hari) dan gurunya “orang asing”.

Juga, yang tak kalah penting adalah mempelajari cara bertanya yang baik, cara mengapresiasi guru dan orang lain yang telah memberinya kesempatan/bantuan.

Semalam aku melihat antusiasme Yudhis yang luar biasa. Dia terlihat sangat menikmati acara semalam, sehingga tidak berhenti bercerita kepada bapaknya yang baru pulang tentang apa-apa yang dia “dapatkan” dari Prof Zeppo. Asyiknya juga, karena proses ini dilakukan secara online, suasananya sangat santai dan “ramah anak”. Yudhis mengikutinya sambil goyang2 di tempat duduknya (menahan excitement) dengan celana pendeknya.. hehe 🙂

Ini posisi Yudhis di SL

Posisi Yudhis di rumah... hehe..

Rasanya aneh, melihat anak umur 9th dengan letupan semangat bercerita tentang asiknya belajar dengan seorang profesor yang baik & sabar, kalimatnya adalah “Pak, gurunya baik, sabar, mau jawab semua pertanyaan walau pertanyaan itu udah pernah ditanya”. Lalu dia bercerita tentang pertanyaan2nya yang ditanyakan tadi dan jawabannya dan seterusnya dan seterusnya.. teruuus.. padahal waktu sudah menjelang larut malam.

Memang, belajar itu ketika dilakukan dengan hati yang gembira akan menciptakan luapan energi yang luar biasa. Terima kasih mbak Ines untuk kesempatannya, terima kasih Prof Zeppo untuk inisiatifnya membuat program ini. Semoga program ini akan berjalan terus hingga semakin banyak kesempatan yang didapat anak-anak untuk bertanya langsung kepada ahlinya 🙂

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. ooh Yudhis duduk di depan ya, pantesan suara lebih jelas ya? 🙂
    asyik ya Yudhis kalau belajarnya seperti ini, dan diajar dengan guru yang super sabar

Trackbacks

  1. […] This post was mentioned on Twitter by rumah inspirasi, Mira Julia. Mira Julia said: Ask the Expert: Water http://goo.gl/fb/jUtmT […]

Tinggalkan komentar Anda

*