Apple Pie ala Chef Tata

Sore ini Tata bikin kue lagi. Semakin hari anak itu semakin dewasa, semakin ingin melakukan semuanya sendiri. Dari mulai menimbang terigu, gula sampai menakar garam dilakukannya sendiri. Aku hanya menolongnya ketika menimbang mentega karena agak lengket-lengket.

Setelah itu dia juga yang menguleni adonan sampai kalis dan siap untuk jadi kulit pai. Mungkin karena terinspirasi dari game yang sedang asik dia mainkan, dia betul-betul semangat melakukan semuanya sendirian. Sambil muter-muter nggak sabar, dia menunggu adonan yang disimpan 15 menit di kulkas sebelum akhirnya dengan semangat menggilasnya tipis (just like in the game).

Kegiatan ini sangat menyenangkan, walaupun kami sering masak kue bersama, tapi aku melihat Tata tidak pernah kehilangan antusiasme membuat kue. Energinya, keingintahuannya, keinginannya untuk “mencoba” sendiri, luar biasa. Berkali-kali dia seperti mengingatkanku dengan mengatakan, “I can do it all by myself mom” setiap kali aku gemas melihat “gerakannya” yang mungkin kurang ini atau itu. Berkali-kali juga aku harus menahan tanganku untuk tak membantunya dan membiarkannya berkarya. Hanya terakhir ketika Duta sudah sangat merengek ingin makan kuenya, ketika Tata sedang menggilas adonan tutup pai, aku membantunya sejenak agar painya cepat tertutup sebelum akhirnya Tata mengolesinya dengan kuning telur.

Dan 25 menit kemudian ketika kue itu matang.. Tata dengan bahagianya menyajikan apple pie buatannya untuk seluruh keluarga. Mau coba buat? gampang banget deh.. ini resep memakai resep kulit pai standar dengan isi yang tidak terlalu manis.

Bahan Kulit:

  • 300 gr tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 175 gr margarin
  • 1 butir telur
  • 5 sdm air es

Bahan Isi:

  • Apel Manis besar 2 – kupas + potong tipis
  • 3 sdm gula castor
  • 1 sdm tepung terigu
  • sedikit garam
  • seujung sdt pala bubuk
  • 1 sdm butter

1 kuning telur untuk olesan

Cara pembuatan:

  1. Campur tepung terigu + gula pasir + garam
  2. Masukkan mentega lalu aduk rata hingga menjadi butiran dengan tangan (Tata paling suka part ini)
  3. Masukkan telur campurkan
  4. Masukkan air es sesendok-sesendok sampai adonan kalis
  5. Biarkan 15 menit di dalam kulkas
  6. Sementara itu kupas apel, iris tipis –> sisihkan
  7. Campurkan gula + tepung + gula + garem + pala (bahan isi kecuali butter dan apel) –> sisihkan
  8. Setelah 15 menit, ambil adonan dari kulkas bagi menjadi 2 (2/3 + 1/3) lalu gilas tipis (kurleb 0.5 cm) bagian yang 2/3 untuk alas.
  9. Pasang bagian alas di loyang pai, susun sebagian irisan apel dengan bentuk melingkar beri taburan tepung rempah lalu susun lagi sisa apel di atasnya diikuti dengan sisa tepung rempah. Tambahkan potongan butter secara menyebar
  10. Gilas 1/3 bagian sisa adonan lalu tutup di atasnya.
  11. Olesi bagian atas dengan kuning telur
  12. Panggang di oven 180 c selama 25 menit atau sampai kuning kecoklatan 🙂

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. Hebat …!good job Tata…

  2. gula castor itu gula apa ya?

    • Gula Kastor (Caster Sugar)
      Gula kastor memiliki bentuk yang lebih halus daripada gula pasir. Karena sifatnya yang mudah bercampur, maka gula kastor sering digunakan sebagai bahan campuran untuk pemanis dalam adonan kue, cookies, pastry, dll. Gula kastor memiliki warna putih bersih. Gula kastor bisa dibuat dengan memasukkan gula pasir ke kantong plastik lalu memukul-mukulnya hingga hancur. Hasil ayakannya dapat menggantikan gula kastor. Sumber: http://www.sugarlabinta.com/

Tinggalkan komentar Anda

*