Aplikasi untuk Belajar Catur

Karena Duta (8 tahun) sangat suka catur sementara kami belum ingin memasukkan Duta ke klub catur, kami mencari jalan tengah untuk memprasaranai minatnya belajar catur.

Akhirnya, kami berburu aplikasi catur dan program belajar catur secara online. Dari proses itu, akhirnya kami memilih 3 aplikasi yang digunakan Duta untuk belajar catur.

Aplikasi LearningChess
learn-chess-beginner

Kami memilih aplikasi Learning Chess untuk Duta karena proses belajarnya bertahap. Ada level Beginner, Intermediate, dan Advanced. Aplikasi LearningChess ini berbayar, harganya $15 per level.

Karena ingin memberikan pondasi yang bagus untuk Duta, kami membeli aplikasi level Beginner. Setiap hari Duta belajar catur bertahap. Belajar catur menjadi salah satu kegiatan belajar yang dilakukan Duta setiap hari.

Ada 36 step pembelajaran di level Beginner ini. Duta mengulang-ulang prose belajar ini hingga akhirnya menyelesaikan semua dengan nilai 100% sebagai tanda dia bisa mengerjakan quiz di setiap akhir pelajaran.

Aplikasi Chess Tactics for Beginner

chess-tactics

Supaya Duta tidak bosan dengan satu aplikasi, kami memilih aplikasi Chess Tactics for Beginner untuk melengkapi kegiatan Duta belajar catur. Dalam aplikasi ini ada latihan-latihan praktis untuk pemula, misalnya: Mate in 1, Winning Material, Draw, Mate in 2, dan Sacrice Material.

Aplikasi ini bermanfaat untuk mengasah logika catur Duta.

Aplikasi ChessFree

Aplikasi ChessFree dimanfaatkan Duta untuk belajar bertanding melawan komputer. Ada beberapa level yang bisa dimainkan. Saat ini Duta biasa bertanding melawan komputer di level 4.

***

Sampai saat ini Duta masih berlatih menggunakan aplikasi. Kalau minatnya konsisten, kami mempertimbangkan suatu saat Duta akan bergabung di klub catur atau mengikuti kursus catur di Jakarta.

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close