Apakah jumlah follower Twitter itu penting?

Apakah jumlah follower Twitter penting? Tergantung sudut pandang yang digunakan. Apakah kita menggunakan Twitter dengan sudut pandang personal atau sebagai media/bisnis.

Kalau kita menganggap kegiatan Twitter adalah kegiatan iseng atau kegiatan menjalin pertemanan, jumlah follower Twitter itu tidak penting. Untuk keperluan personal, yang lebih diutamakan adalah kualitas interaksi. Oleh karena itu, jumlah follower Twitter yang terlalu banyak justru dapat dianggap mengganggu keintiman dalam berinteraksi.

Tetapi kalau kita menggunakan sudut pandang lain, yaitu Twitter sebagai alat komunikasi dan media, maka jumlah follower di Twitter itu penting. Apakah Twitter digunakan untuk komunikasi membuat gerakan sosial atau bisnis, jumlah follower memiliki makna yang berarti.

  • Jumlah follower Twitter menggambarkan jumlah teman/jaringan.
  • Jumlah follower Twitter menggambarkan tentang “circle of influence”. Walaupun pengaruh melalui Twitter itu relatif nisbi karena tidak mengukur tingkat kedekatan, tetapi setidaknya jumlah follower dapat menjadi indikasi
  • Jumlah follower menunjukkan audience: jumlah tiras majalah, jumlah pendengar radio, atau pemirsa acara TV.
  • Jumlah follower menunjukkan potensial market, pasar potensial untuk gagasan/produk dan pelanggan (yang bisa melakukan pembelian ulang/repurchase).

Dua pilihan itu adalah optional, terserah pada kita. Kita sendiri yang menentukan tujuan dan arah kita karena Twitter memang hanya sekedar platform. Makna itu ditentukan oleh kita semua sebagai penggunanya.

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close