Apa Kekuatan Supermu?

IMG_4586-0.JPG

(c) blog.tiffinohio.org

Aku percaya setiap dari kita memiliki kekuatan super. Kekuatan super yang ini bukan seperti “bisa ini bisa itu, pinter ini pinter itu”.

Menurutku, kekuatan super itu adalah sesuatu yang lebih di dalam lagi. Bukan sekedar kehebatan fisik, tapi masuk dalam level energi. Makanya dibilang “kekuatan super”.

Kekuatan super adalah apa yang terpancar dari diri kita. Aku selalu merasa ibuku punya beberapa kekuatan. Tapi menurutku kekuatan supernya yang paling terasa adalah Lapang Hati. Kelapangan hati ibu membawanya menjadi orang yang sabar, penyayang, perhatian, penuh cinta dan empati serta lentur menghadapi naik turunnya kehidupan.

Aku sangat mengagumi kelapangan hati yang dimiliki ibuku. Kesabarannya dan ketahanannya mendengarkan luar biasa. Energinya cukup kuat membuat setiap orang yang berada di dekatnya merasa nyaman dan merasa diperhatikan.

Dengan kekuatan super yang dimiliki ibu, aku tumbuh menjadi anak yang selalu yakin kalau dunia ini indah. Kelapangan hatinya menghadapi anak seperti aku, membuatku yakin bahwa seberapapun anehnya kelakukanku, selalu ada ibuku yang percaya kalau aku bisa, aku mampu mencari jalan keluar dari segenap masalah yang kuciptakan sendiri, dan ibu akan selalu ada untuk mensupportku.

Di sisi yang lain, aku melihat ada mas Aar dengan “Adil” sebagai super powernya. Mungkin harusnya mas Aar mengambil kuliah hukum, soalnya aku selalu melihat mas Aar sebagai sosok yang sangat “fair” bahkan terhadap orang-orang terdekatnya.

Dia seakan tak punya keterikatan sama sekali dengan apapun, siapapun, bahkan terhadap dirinya. Mungkin kekuatan supernya ini yang sering membuat banyak orang, baik yang masih muda ataupun yang berusia jauh di atas mas Aar datang kepadanya hanya untuk konsultasi dan minta solusi.

Terus terang kekuatan supernya ini yang membuatku yakin menikah dengannya. Aku yakin diriku yang sulit jenak dan emosional ini bisa hidup tentram jika bersamanya. Aku ini bukannya tidak suka diatur, tapi aku merasa harus selalu tahu mengapa ada peraturan itu. Kalau masuk dalam logikaku, tidak perlu diatur pun aku pasti nurut.

Pria dengan kekuatan super seperti mas Aar, memberikanku keyakinan bahwa aku akan selalu diperlakukan secara adil. Dan itulah yang kurasakan, walau aku istrinya dan beda usia di antara kami cukup banyak, tapi mas Aar selalu memperlakukanku setara. Jika ada masalah di antara kami berdua, mas Aar mampu menjabarkannya fakta demi fakta sehingga tak ada drama di antara kita.

***

Kalau dirunut, masih banyak kekuatan super orang-orang di sekelilingku yang bisa aku ceritakan dan pastinya akan membuat posting ini menjadi sangat panjang.

Kenapa penting mencari apa yang jadi kekuatan super kita dan orang-orang di sekeliling kita?

Pertama, Kalau kita bisa melihat super power yang dimiliki pasangan kita atau orang terdekat kita, maka secara tidak langsung kita akan membangun energi postif di sekeliling kita sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk dapat senantiasa melihat sisi baik dari seseorang.

Kedua, Kalau kita bisa melihat super power yang dimiliki oleh anak kita, maka kita akan bisa menaruh lebih banyak kepercayaan padanya. Membawa ke alam sadar rasa yakin bahwa anak kita adalah individu yang perkasa, yang memiliki super power yang akan bisa menyelamatkan hidupnya, bisa menaikkan derajat hidup masyakarat di sekelilingnya bahkan memberi warna pada dunia.

Dengan menyadari bahwa setiap anak lahir dengan kekuatan supernya, kita bisa lebih sabar menanti mereka berproses sampai mampu mengeluarkan dan mengendalikan super powernya.

Ketiga, melihat seseorang dengan super power yang dimilikinya menaikkan kualitas energi kita sendiri. Membuat kita selalu merasakan harapan. Iya dong, gimana nggak merasa selalu bahagia dan penuh harapan kalau di sekeliling kita banyak pahlawan super? Keyakinan ini sangat penting, apalagi di tengah badai media sosial yang dengan mudahnya menyebarkan energi negatif dari kumpulan kemarahan, kekesalan dan ketakberpengharapan seseorang terhadap suatu hal.

Oke … Oke, tapi apa untungnya menyadari semua itu?
Menyadari super power yang dimiliki orang di sekeliling kita akan membuat kita merasa yakin kalau hidup kita senantiasa penuh harapan. Orang yang punya harapan, hidupnya pasti penuh suka cita. Dan karena semesta ini merespon apapun yang kita pancarkan padaNya, maka biasanya kita akan hidup dari satu keberuntungan ke keberuntungan lainnya.

“The universe is responding to you”

Bagaimana caranya melihat kekuatan super yang dimiliki orang di sekitar kita.

Pertama, yakin dulu kalau kekuatan super itu memang ada. Kalau setiap dari kita telah dititipi kekuatan super olehNya. Kita lahir untuk sebuah alasan, sebuah misi hidup yang istimewa. Dan kita dibekali kekuatan super untuk mampu menyelesaikan misi itu.

Kedua, pandang dan rasakan keberadaan orang yang ingin kita lacak kekuatan supernya. Kumpul dan tuliskan dalam hati hal baik yang mengesankan darinya. Momen apa yang paling menggetarkan ketika bersamanya.

Ketiga, jika orang itu tidak ada, kenangan apa yang paling membekas darinya? Biasanya itu adalah serpihan energi yang tertinggal darinya karena hal itu yang paling kuat memancar dari dirinya. Bisa jadi, itulah kekuatannya.

***

Trus, kekuatan superku apa dong, La?

Sebagaimana para super hero pada umumnya yang kadang bahkan tak menyadari kekuatan super yang ada dalam dirinya, begitulah aku selalu memandang anak-anak dan orang-orang di sekelilingku. Maybe you don’t realize it yet, but I believe you do have super power waiting for you to let it come out. Just feel it, find it, explore it and use it for something good. Because from great power comes great responsibility.

Selamat berjuang, pahlawan super! ๐Ÿ™‚

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. Kereeeeen..mba lala superrr

  2. Ya aku pasti punya kekuatan super juga, tapi aku rahasiakan deh ๐Ÿ™‚

    • xixixixi…. pahlawan super memang biasanya begitu, tidak menceritakan rahasia supernya ๐Ÿ˜€ yang penting terus memakainya untuk menolong banyak orang.

Tinggalkan komentar Anda

*

Close