About

rumahinspirasi
welcomeSelamat datang di rumah maya kami, rumah cinta keluarga Sumardiono (bapak Aar dan ibu Lala). Rumah ini adalah tempat kami mencatat kegiatan keseharian kami, khususnya kegiatan belajar anak-anak, Yudhistira (2001), Tata (2004), dan Duta (2008). Rumah ini juga menjadi sarana kami untuk berbagi apa-apa yang kami temukan, yang mudah-mudahan bermanfaat bagi siapapun yang singgah di rumah ini.

Kami adalah keluarga biasa, tinggal di Jakarta, Indonesia. Kami memilih Home Education (HE) sebagai model pendidikan untuk anak-anak kami. Dengan spirit dasar belajar di mana saja, kapan saja, bersama siapa saja; kami berusaha membangun proses belajar menjadi bagian yang melekat dengan keseharian dan sebuah hal yang menyenangkan.

Hingga saat ini, kami sangat menikmati proses belajar yang kami integrasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak berkembang dengan sehat, mereka belajar apa saja dengan bahagia dan sukacita. Belajar menjadi sebuah kesenangan dan kebutuhan, bukan sebuah kewajiban dan beban.

Selamat datang. Salam kenal dari kami. Silakan duduk dan ikut mengobrol di rumah ini..

isba-platinumwinner bubu-award-logo BeritaSatu logo-nova fimela
paper-replika DAAI_TV_Jakarta buahhati-transtv logo-nakita kompascom
esquire logo-trans7_small female-radio Logo Pro1 & 2 RRIneo TheJakartaPost_5638
parenting Gatra-Logo beritasore-transtv logo-ummi Logo Warta Kota 02
onoffID MajalahMarketing Web koransindo

Komentar

  1. verawati says:

    Mbak lala/ mas aar, kalau mau ikutan gimana caranya ya? Anakku september nantu usia 3thn

    • Ikutan apa nih mbak Vera? Kalau mau mengetahui lebih dalam tentang homeschooling. Kami mengadakan webinar (seminar melalui internet) yang mungkin bisa menambah wawasan mbak Vera tentang homeschooling. Lengkapnya bisa lihat di sini: http://rumahinspirasi.com/homeschooling/seminar-online-rumah-inspirasi-mei-juni :razz:

      • Dear mbk lala, aku ibu 2 orang anak,,anakku yg pertama homeschooling juga (DL),,,tapi agar lebih menambah wawasan kami,, saya berencana ingin menyekolahkan anak kami yang ke dua di rumah inspirasi mbak lala….plzz info pendaftarannya gimana ya mbk…Wasalam

    • BAGUS SEKALI IDE MEMBUAT HOME SCHOOLING, SUATU UPAYA UNTUK MEMDIDIK ANAK SECARA MANDIRI TIDAK MEMBEBANI PEMERINTAH, SEHINGGA SEKOLAH YANG MENMJADI BEBAN ANGGARAN NEGARA YANG DIBIAYAI DARI PAJAK LEBIH TERTUJU KEPADA RAKYAT MISKIN YANG MASIH PERLU MENDAPAT PERHATIAN SERIUS DARI PEMERINTAH, KAMI BERHARAP MAKIN BANYAK ORANG TUA YANG MENGIKUTI JEJAK MAS DAN MBAK MENUJU GENERASI YANG LEBIH BAIK, TERIMA KASIH ATAS PEMASYARAKATAN SEKOLAH RUMAH INI, SEMOGA MENJADI AMAL SHOLEH…SALAM DARI HASON SITORUS PENGGAGAS BANK SOAL SURABAYA ;-)

  2. Halo Mba Lala dan Mas Aar. Salam dari kami sekeluarga juga. Saya sedang, tepatnya baru mempelajari apa itu homeschooling, dan melalui blog mba ini saya mendapat info yang banyak sekali ttg HS. Makasih ya mba… :smile:

  3. Meilina Novita says:

    Pak aar kalau sekarang masih isa mendaftar untuk seminarnanti malam? terima kasih
    ;-)

  4. Ina Chrismawati says:

    Saya tertarik sekali dengan apa yang sedang ibu jalankan dalam mendidik putra/i bpk/ibu… Saya mau sharing dengan ibu dan bapak.. banyak sekali yang akan saya tanyakan seputar pendidikan anak. alamat email bpk/ibu..? Thanks

  5. homeschooling bukanlah barang baru….dimasa awal sampai keemasan peradaban islam….banyak sekali ulama dan orang hebat yang dihasilkan oleh keluarga muslim….saat itu ibu bapak yang alim dan sholeh menghasilkan anak2 yang luar bisa sehingga mampu menopang peradaban islam hingga 7 abad….dan tentu saja, dihasilkan pula ulama2 yang memiliki imanul ‘amiiq, aqlun zakiy dan itqonul ‘amal dari ruang-ruang belajar klasikal…….teruslah berjuang Mbak Lala/Mas Aar….

  6. Halo, salam kenal..Saya ibu dr 3 anak berusia 5, 4 dan 1,5 thn. Sampai saat ini saya memutuskan untuk mendidik anak-anak di rumah. Sejauh ini yang saya jalankan lbh mengarah pada unschooling. Saya ingin berkenalan dgn keluarga homeschooling lain. Adakah komunitas semacam itu? Rumah saya di Jakarta Timur. Terimakasih

  7. Saya menyukai tulisan-tulisan di blog ini.
    Ijin nge-link ya Mas Aar dan Mba Lala :)

  8. Salam kenal. Kalau gak salah Lala dulu di 28? Sama-sama di dunia pendidikan, saya dan teman-teman di Balikpapan sudah 4 tahun ini mendirikan sekolahalam (www.sekolahalambalikpapan.net).

  9. saya juga mo ngijin nge link:)

  10. Blog yang keren sekali…
    Gak rugi “nyasar” ke sini, hehe..
    Salam kenal sekali lagi Mas Aar dan Mbak Lala :smile:

  11. pak Aar & Mb Lala kami dari Homeschooling Leads Inddonesia, apa bisa kami bertemu & berkunjung ke tempat Pak Aar & Mb Lala tks

  12. hai salam kenal, senang dpt singgah di rmh maya yang ok ini.

    best regard,

    Bintang

  13. enny wahyuni says:

    assalamu’alaikum,
    Subhanallah… aku baru pertama mampir ke rumah inspirasi… kereen bangett, InsyaAllah berkah yaa… :smile:

  14. Luar biasa…!

    Maju terus pendidikan negeri tercinta ini.
    Perjuangan Anda sungguh mulia.
    Menjadi inspirasi bagi sesama.

    Salam…

  15. mba, aku lagi cari2 info ttg homeschooling… untuk tahu lebih jelasnya kemana ya mba? aku juga pengen denger sharing story nya.. untuk suamiku juga… anakku baru aja 3 th umurnya… tolong infonya ya mba…

    thanks,

    • Salam kenal mbak Shienta, kami berencana akan mengadakan seminar Homeschooling bulan Januari 2012. Semoga segala informasi yang dibutuhkan mbak Shienta dan suami bisa didapat di seminar tersebut ^_^

  16. ibu lala,home schooling apa sih?kalau mau jadi anggota gimana?
    dan anak ibu lala jadi gak ikut sekolah resmi pemerintah?bagaimana dapat ijasahnya.

    kasihan nantinya kedepan soalnya cari kerja atau masul peguruan tinggi disini masih butuh ijasah sekolah SD,SMP,SMA

    tolong dijawab yah.thx

  17. mba, aku minta no telpnya donkk…

  18. hai mba Lala,aq pnya anak 4 thn,dan skr lg pikir bgm dia HS saja.apa ada jadwal seminar di thn ’12? jg sy msh bingung sm kurikulum HS.saya minta tolong dibantu ya?thanks

    • Sempat ada rencana seminar di awal 2012, tapi kelihatannya ditunda. Bagusnya mbak Santy gabung saja di grup Indonesia Homeschoolers di FB. Di sana byk praktisi HS yg aktif dan bisa ditanya2 :)

  19. Ibu Lala, bisakah saya minta kontaknya? Saya berniat wawancara untuk artikel saya tentang homeschooling. Terima kasih.

  20. salam kenal mas aar dan mba lala, saya tertarik bisa HS utk anak saya ali (5 thn), selama ini dia susah sekali berangkat sekolah tapi dia mau saya ajari d rumah. Bagaimana saya bisa mendapatkan info ttg HS. trm ksh

  21. situsnya oke banget, oh ya saya juga penggemar papercraft, bisa ikutan masukin karya saya? dulu sempet kerja bikin papercraft juga, cuma sekarang lagi bertualang dulu di laut, nanti kapan kapan boleh main ke rumah? ;-)

  22. Salam kenal.. Saya guru sd, senang sekali bisa menemukan blog ini. Sangat banyak tips yang bisa saya pelajari untuk dibagi ke siswa sy di sekolah. Semoga jadi amal baik bagi pengelola. ;-)

  23. alhamdulillah…sy byk dpt pencerahan..akhirnya nggak ragu lg dgn HS. mohon info kgtn HS dlm wkt dkt… :razz:

  24. mbak mau undang diacara pendidikan karakter ditengah problematika Pendidikan nasioanal yang diselenggarakan oleh Poksi X FPKS DPR RI rabu tgl 15 Februari jan 9 tempat digedung DPR RI senayan lt 3 Cp. Iwan 0817 4811987 jika ingin hadir mohon konfirm ya , mkash

  25. Hai salam kenal, saya tau Rumah Inspirasi lewat twitter. Saya sedang menulis skripsi tentang sosialisasi nilai toleransi pada anak usia dini, nah beberapa waktu lalu rasanya Rumah Inspirasi pernah kasih link tentang pembelajaran toleransi pada anak di twitter. Ada yang dari diknas-nya juga kalau gak salah. Tapi saya kesulitan cari link-nya di twitter, mungkin karena sudah agak lama. Bisa tolong bantu untuk link atau literatur yang bisa saya pakai? Terima kasih banyak sebelumnya. Rumah Inspirasi benar-benar jadi inspirasi saya. :)

    Regards,
    Puan ;-)

  26. salam kenal mas aar dan mba lala…..isi webnya sangat bagus sekali & menginspirasi….sy ibu dengan 3 orang anak…yg umurnya 6th, 3th,1.5th…sy memutuskan unt HS bagi ketiga anak sy….mhn dibimbing unt referensi & literaturnya….mksh :smile:

  27. Hallo Lala, dng Ocke temen sma. really interested in home schooling. Harus mulai baca dr mana nih. Pengen konsultasi dong, baiknya lewat apa? thanks La

  28. Halo mbak lala..saya km

  29. Olga Septeani says:

    salam kenal mba,,saya mau menanyakan beberapa hal seputar homeschooling untuk tugas kuliah saya.boleh ga mba?
    terimakasih..
    kalo bisa nanti dikirim lewat email..

  30. Salam kenal mba Lala, seneng banget saya bisa ketemu artikel2 ttg HE di internet. Kapan lagi mengadakan seminar online mba??

  31. stephanie says:

    ibu Lala, bisa minta email atau nomor yg bisa dihubungi? thank you

  32. Selamat Pagi,
    Saya ingin sekali melakukan kontak dengan Pak Aar, baik itu email atau lainnya. Banyak yang akan saya curhatkan, terutama mengenai homeschooling. Saya dg penuh semangat akan memulai untuk si bungsu kami. Apakah berkenan?

  33. Umi Khasanah says:

    Mbak Lala, Mas Aar, pengen juga anak-anak saya mengenyam pendidikan homeschooling setidaknya sampai SD. tapi ada satu hal yang masih menjadi pikiran, bagaimana jika tiba-tiba di tengah jalan anak-anak minta masuk sekolah umum? Karena di kota saya (Ponorogo) homeschooling masih asing dan langka. Bisakah sekolah homeschooling sampai kelas tiga SD terus dilanjutkan di sekolah formal?

    • Bisa mbak Umi, sudah ada petunjuk di Peraturan Pemerintah mengenai proses perpindahan dari sekolahrumah ke sekolah. Jika kepala sekolah tidak tahu, perlu dibawakan aturannya agar tahu karena praktek semacam ini memang jarang terjadi.

  34. Saya ada keinginan untuk melakukan homeschooling buat anak saya, apakah dijakarta sat ini ada komunitas homeschool? Jika ada apakah bisa untuk berbagi informasi mengenai itu

Tinggalkan komentar Anda

*