9 Milyuner Muda di Bawah 30 Tahun

Siapakah pebisnis-pebisnis muda dunia yang sukses dan menjadi milyuner di usia muda? Berikut ini infographic menarik yang disajikan oleh H&R Block di bawah ini sangat menarik.

Ada Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, yang pada usia 27 tahun diperkirakan memiliki kekayaan (net worth) $17.5 milyar. Ada pendiri Groupon, Andrew Mason $1.3 milyar,  pendiri Firefox, Blake Ross, $150 juta), pendiri Wordpres, Matthew Mullenweg, $40 juta.

Yang menarik buatku, semua bisnis berbasis teknologi ini tidak bermula dari modal yang besar. Modal utamanya adalah IDE & SKILLS. Semuanya berawal dari ide cemerlang yang dieksekusi menjadi produk brilian dengan kerja keras membuat produk (sebagian besar adl software/aplikasi/servis), yang disukai oleh pasar global (dan tentunya kemudian didukung dana dari venture capital).

Berarti, virtually bisnis ini bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk anak-anak kita (walaupun kenyataan pasti tidak seindah yang dituliskan). Tak peduli usia berapapun, latar belakang apapun; semuanya bisa mempunyai peluang yang sama.

Kalau membaca infographic, entry barrier untuk memasuki bisnis ini sangat kecil (dibandingkan potensinya). Konsekuensinya dua sisi: pada satu sisi dia memberikan peluang yang terbuka kepada siapapun dan sebaliknya juga menciptakan persaingan nyaris tak terbatas dan terjadi setiap saat. Sebagaimana siapapun bisa masuk menjadi pemain dan mendapatkan keuntungan, siapapun bisa menjadi pesaing dan melontarkan pemain lama.

Click image to enlarge
Tech Millionaires Under 30
Source: H&R Block

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close