27 Memanfaatkan Teknologi untuk Homeschooling

Salah satu kemudahan menjalankan homeschooling pada saat ini adalah adanya teknologi Internet. Internet sangat bermanfaat baik bagi orangtua maupun anak homeschooling.

Bagi orangtua, Internet memberikan kemudahan untuk belajar tentang homeschooling. Sarana belajar tak hanya tergantung buku. Aneka materi belajar tersedia berlimpah dan sebagian besar gratis.

Orangtua yang ingin belajar tentang homeschooling tinggal menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan pembahasan tentang tema yang ingin diketahuinya. Orangtua bisa belajar melalui blog para praktisi homeschooling, belajar tentang parenting dan homeschooling melalui aneka grup di Facebook, belajar melalui email seperti yang sedang Anda lakukan, atau mengikuti seminar online (webinar), dan sebagainya.

Internet membuat keluarga homeschooling tak merasa sendirian walaupun mungkin satu-satunya keluarga yang menjalani homeschooling di sebuah daerah. Berkat teknologi, orangtua bisa berjejaring melalui Whatsapp atau Facebook untuk saling belajar dan berdiskusi.

Sementara itu, anak-anak juga mendapatkan karunia materi belajar yang besar karena materi belajar tersedia berlimpah dari berbagai penjuru dunia. Materi belajar bukan hanya tentang mata pelajaran, tetapi berbagai keterampilan yang berkaitan dengan dunia nyata dan profesi. Belajar bahasa, desain, teknologi, memasak, beternak, bisnis dan sebagainya bisa diakses anak kita dari rumah.

Kunci untuk memanfaatkan teknologi dalam proses homeschooling adalah:

a. Sediakan akses Internet yang lancar untuk keluarga

b. Berjejaringlah dengan keluarga praktisi homeschooling dan orangtua yang meminati parenting melalui Facebook & Whatsapp. Bangun lingkaran yang positif dan menambah semangat Anda untuk belajar.

c. Gunakan Google sebagai pintu pertama untuk mencari apa saja. Cari materi belajar seperti worksheet atau ide kegiatan menggunakan Google. Lakukan googling dan pelajari cara menggunakan kata kunci (keyword) yang efektif.

d. Paparkan anak sesuai dengan usianya. Dampingi pada saat awal dia mengenal Internet agar pengenalan pertamanya berkaitan dengan resource belajar asyik dan hal yang produktif, bukan sekedar tempat bermain game dan menonton video.

e. Perkenakan anak dengan situs belajar online, gratis atau berbayar (sesuai kebutuhan Anda). Beberapa situs gratis misalnya: www.Starfall.com untuk belajar bahasa Inggris, www.HoodaMath.com berisi game matematika, www.codecademy.com untuk belajar membuat game dan pemrograman, www.KhanAcademy.org untuk belajar matematika dan pelajaran.

f. Selain menggunakan materi gratis, kami juga menggunakan website berbayar (berlangganan). Beberapa materi online yang kami gunakan antara lain www.IXL.com, www.ReadingEggs.com, www.RazKids.com, dan lain-lain.

***

Detil cara pemanfaatan teknologi untuk belajar dan daftar website pendidikan akan kami sampaikan saat Webinar Homeschooling.

Sambil menunggu Webinar Homeschooling, Anda dapat membaca pengalaman keluarga memanfaatkan resource Internet di sini: http://rumahinspirasi.com/resource/
Salam,
Aar+Lala

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close