2011: Enrich, Grow, and Flow

To Grow - by presentationzen

Setelah melewati tahun 2010 sebagai tahun survival, kami bersyukur kepada Tuhan karena atas rahmat-Nya kami bisa melaluinya dengan lapang dan sukacita. Mudah-mudahan masa survival itu telah lewat dan sekarang adalah awal di masa pembenihan.

Mengawali tahun 2011, kami ingin mengawalinya dengan 3 spirit yang ingin kami bawa di tahun ini, yaitu: enrich, grow, and flow.

Enrich
Prioritas pertama tahun ini adalah saatnya mulai memperkaya beberapa aspek kehidupan kami. Belum banyak, tetapi rasanya sudah saatnya dimulai.

Untuk anak-anak, tahun ini adalah masa untuk eksplorasi eksternal, mulai keluar rumah, terutama untuk Yudhis. Inilah saatnya untuk mengekplorasi sisi tubuh fisik dalam dalam konteks pendidikan mind, body, soul.

Untuk kami, inilah saatnya untuk memperkaya dengan pengetahuan dan ketrampilan, memperluas horizon. Kami ingin melampaui gagasan homeschooling dan mengekplorasi gagasan “pendidikan yang menyenangkan”.

Grow
Karena saat ini sedang membenih dan benihnya masih sangat kecil, tahun ini adalah tahun untuk merawat dan memupuk benih itu agar tumbuh sehat dan menjadi pohon yang kuat. It means, belum waktunya untuk menuai. Yang ada justru investasi dan investasi. Bukan hanya dana, tapi yang terutama adalah investasi energi dan waktu.

Mudah-mudahan di semester 2 kami benih itu mulai bersemi dan menjadi batang yang lebih kelihatan wujudnya. Dan semoga batang itu kuat dan akhirnya bukan hanya menghasilkan buah yang manis, tetapi juga benih-benih baru yang siap berkembang.

Flow
Betapapun kami mencurahkan seluruh passion dan energi untuk hal-hal yang kami tekuni, kami merasa harus tetap “terjaga” dan “awas” terhadap pertanda. Ini adalah sebuah proses belajar kehidupan, bagaimana menjadi penuh dan sekaligus lentur, tak terpecah sehingga lemah atau getas sehingga mudah patah. Dengan kelenturan, semoga hidup yang kami jalani dapat selaras bersama kehendak dan rencana-Nya.

Semoga Tuhan membimbing kami agar benar setiap yang ada di dalam diri kami dan segala yang terpancar dari diri kami. Semoga Dia menguatkan dan melenturkan kami di dalam setiap titian hidup yang diperjalankan-Nya di hadapan kami. Amin.

***

Pengungkapan resolusi dengan 3 kata itu ternyata menarik. Kita dipaksa untuk menyarikan berbagai hal dalam 3 kata yang menurut kita paling mewakili.

Menyederhanakan gagasan dalam 3 kata itu bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Kita cenderung ingin mengungkapkannya dalam banyak kata. Tetapi dengan memaksa diri mengungkapkannya dalam 3 kata, setidaknya kita (baca: kami) belajar menyaring dan mengkristalkan gagasan.

Cara pengungkapan melalui 3 kata ini terinspirasi oleh “My 3 Words” yang dishare oleh mbak Andini Rizky melalui Facebook.

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. salam kenal mas Aar,
    saya shanty di toli toli.
    bagaimana cara mendapat buku2 HS lompatan.. dan Warna warni… krn di toko buku di malang (di toli2 tdk ada toko buku) sudah tidak ada. Mohon infonya.

    terima kasih,
    shanty

Tinggalkan komentar Anda

*