19 Kegiatan Awal Homeschooling

 

Anda sudah memutuskan untuk homeschooling, kemudian ingin memulainya. Apa kegiatan awal yang perlu dilakukan oleh orangtua?

Jawabannya: sangat tergantung usia dan kondisi anak.

Intinya, kalau Anda ingin memulai homeschooling, mulailah dengan hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak. Tujuan kegiatan di awal adalah meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak serta memperbaiki komunikasi antara orangtua dan anak.

Di awal homeschooling, proses penting yang perlu dilakukan oleh orangtua adalah melakukan kegiatan bersama anak. Anda praktek dan mencoba ide-ide di kepala Anda menjadi kenyataan keseharian. Anda bisa memulai dari yang Anda kenal, misalnya: memasak bersama, membaca buku setiap malam, bermain bersama usai mandi pagi, dan sebagainya.

Ada juga keluarga yang memulai homeschooling dengan merencanakan kegiatan jalan-jalan dari museum ke museum. Kegiatan itu dilakukan untuk memberikan kesan awal tentang homeschooling yang menyenangkan.

Berapa lama kegiatan yang dilakukan di awal? Kurang lebih 1/2. Maksimal 1 jam per hari. Di luar itu, lakukan kegiatan bebas berdasarkan kondisi yang sedang berkembang pada saat itu.

***

Homeschooling adalah ilmu praktik. Dari proses berkegiatan bersama anak, nanti Anda akan mengetahui jenis kegiatan apa yang cocok dan apa yang tidak. Untuk kegiatan yang tidak cocok, jangan ragu untuk mengubahnya dan mencoba lagi. Yang penting jangan berhenti berkegiatan bersama anak.

Seiring waktu, Anda akan mulai matang dengan pengalaman lapangan. Seperti orang yang belajar naik sepeda, lama-lama Anda akan terbiasa menjaga keseimbangan saat berkendara dengan sepeda.
Salam,
Aar+Lala

 

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Salam, saya veny. Saya sangat tertarik dengan artikel -artikel yang ada disini. Saya memiliki anak usia 6 tahun. Saya berniat mengajari anak saya sendiri d rumah, tanpa ikut sekolah formal. Yang ingin saya tanyakan, untuk dapat mengikuti ujian paket A kedepannya, apakah saya harus mendaftarkannya ke PKBM sejak awal, ataukah tunggu besok saat usianya setara dengan anak kelas 6 SD? Mohon inspirasinya. Terimakasih..

    • Menurut sistem, terdaftar sejak kelas 4. Tapi karena praktek di lapangan bisa beda-beda, kami anjurkan untuk mengecek dan bertanya ke PKBM terdekat

Tinggalkan komentar Anda

*

Close