18 Visi Pendidikan Keluarga

Homeschooling tidak berangkat dari pertanyaan: apa yang bisa dilakukan dengan homeschooling? Sebab, homeschooling adalah ibarat pisau tajam yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan di dapur.

Pertanyaan untuk calon praktisi homeschooling

Pertanyaan yang layak diajukan kepada orangtua yang ingin menjalani homeschooling adalah: pendidikan semacam apa yang ingin Anda jalankan untuk putra-putri Anda? Apa tujuan pendidikan Anda? Apa yang Anda pentingkan dalam pendidikan anak-anak?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah pemandu dan pondasi dari homeschooling yang akan Anda jalani. Itulah visi pendidikan keluarga Anda.

visi keluarga

Visi pendidikan keluarga

Karena homeschooling adalah model pendidikan yang terkustomisasi sesuai kebutuhan, penting bagi Anda yang ingin memulai homeschooling untuk memiliki visi pendidikan keluarga. Visi pendidikan akan memandu Anda untuk memilih langkah-langkah selanjutnya.

Jika Anda sudah bisa merumuskan dengan jelas tentang visi pendidikan keluarga Anda, maka Anda dapat lebih mudah menentukan alat dan sarana yang digunakan untuk mencapainya. Bisa jadi solusi dari visi pendidikan Anda adalah homeschooling, tapi bisa jadi sekolah alternatif, pesantren, atau yang lainnya.

Jika Anda sudah memiliki visi pendidikan keluarga Anda, maka Anda akan lebih mudah memilih atau merancang kurikulum pembelajaran anak-anak Anda. Anda akan lebih mudah memilah kegiatan apa yang diperlukan anak-anak.

***

Jadi, visi pendidikan adalah sebuah hal yang penting dalam praktik homeschooling. Ini adalah salah satu PR (Pekerjaan Rumah) yang perlu didiskusikan bersama pasangan.
Salam,
Aar+Lala

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close