17 Dari mana cara memulai Homeschooling?

Dari mana proses homeschooling dimulai? Begitu banyak hal yang harus dipersiapkan. Begitu banyak tantangan yang harus dihadapi.

Betul. Tantangan menjalani homeschooling memang tak sedikit. Tapi Anda juga melihat, peluang dan kesempatannya juga sangat besar. Itulah kehidupan. Seringkali, di dalam kesempatan yang luas terdapat resiko yang semakin besar pula.

Nah, sekarang tinggal ditimbang.

Hal pertama yang harus dipersiapkan saat Anda akan menjalani homeschooling adalah kesiapan pribadi. Anda sendiri harus yakin bahwa ini adalah pilihan yang benar untuk anak-anak dan keluarga Anda. Keyakinan adalah modal paling dasar untuk menjalani homeschooling.

Keyakinan bisa diperoleh dengan pengetahuan yang memadai. Dan itu berarti Anda harus belajar tentang homeschooling dan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dan keraguan Anda. Setelah itu, jangan lupa untuk berdoa dan memohon petunjuk-Nya agar pilihan yang Anda buat selaras bersama rencana-Nya untuk hidup Anda.

Untuk menghadapi lingkungan dan tantangan di luar, hal yang paling penting adalah menyiapkan kelurga inti. Anda tak perlu meyakinkan semua orang. Kalau pasangan dan anak sudah memahami dan menyetujui homeschooling, biasanya prosesnya berjalan relatif mulus.

Jadi, jangan lupa untuk berdiskusi dan melibatkan pasangan dalam proses belajar Anda tentang homeschooling. Libatkan secara aktif pasangan dalam proses belajar agar dia juga berproses bersama Anda.

Dan jika anak-anak sudah bisa diajak berdiskusi, jangan lupa untuk bercerita dan berdiskusi tentang homeschooling dengan mereka. Diskusi ini penting untuk membuat keputusan homeschooling menjadi keputusan bersama sehingga perjalanan bisa dipikul dan dinikmati bersama.

***

Tantangan eksternal dalam praktik homeschooling memang akan selalu ada. Dengan kekompakan keluarga inti dalam pelaksanaan homeschooling, mudah-mudahan badai sebesar apapun bisa diatasi dan dilalui.

Salam,
Aar+Lala

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Tinggalkan komentar Anda

*

Close