14 Ijazah Anak Homeschooling

 

Sekarang kita bahas tentang ijazah untuk anak-anak homeschooling. Ini adalah salah satu tema yang paling banyak ditanyakan oleh orangtua homeschooling.

Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, seorang anak harus memiliki ijazah SMA atau yang sederajat.

Anak homeschooling bisa mendapatkan ijazah seperti anak sekolah dan melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Caranya?

Jika anak homeschooling akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi lokal di Indonesia, anak homeschooling bisa mengambil Ijazah Kesetaraan atau populer dengan sebutan Ijazah Paket C. Ijazah Paket C itu setara dengan tingkat SMA.

Setelah memiliki Ijazah Paket C, anak-anak bisa mendaftar dan mengikuti tes masuk Perguruan Tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Ijazah Kesetaraan (Paket)

Ada 3 jenis Ijazah Paket, yaitu Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA). Secara hukum, ijazah Paket tersebut setara dengan ijazah sekolah.

Ujian Paket diselenggarakan di sebuah lembaga pendidikan nonformal yang disebut PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Lembaga ini biasanya ada di setiap kota/kabupaten. Anak yang akan mengikuti ujian harus mendaftar di PKBM minimum 1 tahun sebelum ujian. Karena aturan tentang ujian Paket masih berkembang dan berubah setiap tahun, keluarga yang anaknya ujian harus memantau peraturan baru mengenai Ujian Paket.

Anda bisa mengecek lokasi PKBM terdekat dengan Anda di sini: http://rumahinspirasi.com/di-mana-pkbm-penyelenggara-ujian-di-kota-saya/

Ijazah Internasional

Ijazah kedua bisa diperoleh anak homeschooling melalui ujian di CIE (Cambridge International Examination) Center. Ujian ini bersifat internasional, diselenggarakan oleh Cambridge, lembaga non-profit dari Inggris.

Ujian Cambridge dilakukan per mata pelajaran dan diakui di lebih dari 150 negara. Ujian Cambridge untuk melanjutkan kuliah ada 2, yaitu Cambridge IGCSE dan Cambridge A Level. Ijazah Cambridge ini biasanya digunakan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

Salam,
Aar+Lala

Tulisan menarik lainnya

About Aar

Aar senang membaca, suka menulis, berbahagia saat berbagi dan bermain bersama anak-anak. Minat utama tentang pendidikan, anak, teknologi, spiritualitas, bisnis, dan apa saja yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Buku yang telah diterbitkan "Homeschooling Lompatan Cara Belajar" (Elex Media, 2007), "Warna-warni Homeschooling" (Elex Media, 2008).

Komentar

  1. Rifa Shabron says:

    Halo Mas Aar dan Mbk Lala
    perkenalkan nama saya Rifa. saya baru berencana memulai home shcoolind ke 2 anak saya (11yo) dan 7 (yo). pertanyaan saya bagaimana caranya terhubung dengan pihak penyelenggara CIE bila saya ingin mengikutsertakan anak saya ujian kelulusan anak2 saya. terima kasih
    Salam
    Rifa

Tinggalkan komentar Anda

*

Close